icon quick search QUICK PRODUCT SEARCH

Mengenal Secara Singkat Cara Kerja Mesin Genset Bertanaga Diesel

Admin | 2019-08-09 14:48:49

Mengenal Secara Singkat  Cara Kerja Mesin Genset Bertanaga Diesel

Generator Set-Mesin genset merupakan salah satu mesin yang menjadi solusi bagi banyak orang disaat aliran listrik sedang padam. Apalagi bila listrik dipadamkan saat jam kerja, maka tidaklah mengherankan bila kantor-kantor sekarang ini mengantisipasi masalah tersebut dengan menggunakan mesin genset yang besar kapasitasnya telah disesuaikan dengan kebutuhan. Anda juga harus mengenal secara singkat tentang bagaimana pola ataupun kinerja yang ada pada sebuah genset bermesin diesel. Kira-kira apa saja komponennya? Dan bagaimana cara kerjanya? Simak selengkapnya berikut ini.

Sebagai awalan, Anda yang hendak membeli genset bermesin diesel harus mengetahui apa itu yang namanya prime mover. Prime mover sendiri adalah sebuah penggerak awal yang memiliki fungsi untuk menghasilkan sebuah energi mekanis, untuk selanjutnya digunakan dalam hal perputaran rotor generator.
 
Khusus pada genset murah dengan  mesin diesel, biasanya mesin ini akan menyala secara sendirinya. Ini berkaitan dengan proses pemampatan udara murni dalam sebuah silinder yang memiliki tekanan tinggi (kurang lebih 30 atm), sehingga pada saat yang bersamaan termperatur dalam silinder tersebut akan segera naik. Disaat ini pula bahan bakar akan disemprotkan melewati silinder yang memiliki suhu serta tekanan yang tinggi, bahkan melebihi titik nyala dari sebuah bahan bakar. Dan pada akhirnya, bahan bakar tersebut akan diinjeksikan secara otomatis.
 
Tekanan gas yang dihasilkan serta udara yang ada juga dapat mendorong torak untuk dihubungkan lewat poros engkol lewat batang torak, yang membuat torak ini mampu bergerak secara bolak balik. Gerak bolak-balik yang terjadi pada torak ini juga nantinya akan berubah menjadi gerak rotasi pada sumbu poros engkol, begitu pun sebaliknya dengan gerak rotasi poros. Untuk menganalisis sistem kerjanya pun biasanya genset murah dengan mesin diesel ini bisa dibedakan menjadi dua jenis. Diantaranya adalah mesin diesel dengan konsep sistem airless injection dengan siklus dual, dan kemudian ada sistem air injection dengan siklus diesel.
 
Diantara keduanya, maka perbedaan yang paling mencolok terlihat dari proses pembakaran bahan bakar yang dilakukan. Pada genset dengan mesin bensin, maka proses pembakaran yang dilakukan terjadi berkat adanya loncatan api listrik yang berhasil diciptakan oleh elektroda busi. Sementara untuk motor diesel sendiri, pembakaran bisa terjadi akibat adanya kenaikan tingkat temperatur campuran udara serta bahan bakar, akibat dari proses kompresi torak yang bisa mencapai temperature sangat tinggi.  Berdasarkan proses pembakaran bahan bakar tersebut, maka motor diesel tersebut juga disebut sebagai ignition engine, sedangkan untuk mesin bertenaga bensin disebut juga sebagai spark ignition engine.

Copyright © 2017 - 2019 PT. Hartekprima Listrindo.
All rights reserved.

Bug reporting & feedback, please contact us:
GRADIN design studio.